Pendampingan Guru dalam Kegiatan Membaca Teks Bahasa Indonesia Pada Siswa Lamban Belajar Kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ari BatuBelajar
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendampingan Guru dalam Kegiatan Membaca Teks Bahasa Indonesia Pada Siswa Lamban Belajar Kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ari BatuBelajar
|
|
Creator |
ariyanto, Robi
|
|
Description |
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pendampingan guru Bahasa Indonesia dalam kegiatan membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (slow leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari dan (2) pendampingan (strategi, problematika, solusi) guru BK dalam kegiatan membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (Slow Leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai jenis penelitian yang digunakan, penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pendampingan guru dalam pembelajaran membaca terhadap siswa lamban belajar. Subjek penelitian ini yakni guru BI dan Guru BK. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahapan, mulai dari mengumpulkan data, memilah data, mengelompokan data hingga menarik kesimpulan. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan cara teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tentang pendampingan guru dalam pembelajaran membaca terhadap siswa lamban belajar, yaitu (1) bentuk pendampingan atau pembimbingan kegiatan membaca dilakukan di luar jam kelas normal, baik pendampingan yang dilakukan guru BI maupun Guru BK dan (2) dalam pelaksaanan pendampingan pembelajaran membaca menggunakan strategi, baik memanfaatkan teknologi informasi maupun dengan media untuk membantu siswa memahami isi bacaan, dan (3) dalam proses pendampingan terdapat kendala, baik kendala yang dihadapi siswa berupa kesulitan membaca maupun kendala yang sifatnya diluar pendampingan tentang waktu. Kata Kunci: pendampingan guru, pembelajaran membaca teks, anak lamban belajar
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-01-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14848
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14848/11150
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14848/1992 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|