Record Details

Pendampingan Guru dalam Kegiatan Membaca Teks Bahasa Indonesia Pada Siswa Lamban Belajar Kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ari BatuBelajar

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendampingan Guru dalam Kegiatan Membaca Teks Bahasa Indonesia Pada Siswa Lamban Belajar Kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ari BatuBelajar
 
Creator ariyanto, Robi
 
Description Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pendampingan guru Bahasa Indonesia dalam kegiatan membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (slow leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari dan (2) pendampingan (strategi, problematika, solusi) guru BK dalam kegiatan membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (Slow Leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai jenis penelitian yang digunakan, penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pendampingan guru dalam pembelajaran membaca terhadap siswa lamban belajar. Subjek penelitian ini yakni guru BI dan Guru BK. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahapan, mulai dari mengumpulkan data, memilah data, mengelompokan data hingga menarik kesimpulan. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan cara teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tentang pendampingan guru dalam pembelajaran membaca terhadap siswa lamban belajar, yaitu (1) bentuk pendampingan atau pembimbingan kegiatan membaca dilakukan di luar jam kelas normal, baik pendampingan yang dilakukan guru BI maupun Guru BK dan (2) dalam pelaksaanan pendampingan pembelajaran membaca menggunakan strategi, baik memanfaatkan teknologi informasi maupun dengan media untuk membantu siswa memahami isi bacaan, dan (3) dalam proses pendampingan terdapat kendala, baik kendala yang dihadapi siswa berupa kesulitan membaca maupun kendala yang sifatnya diluar pendampingan tentang waktu. Kata Kunci: pendampingan guru, pembelajaran membaca teks, anak lamban belajar
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2022-01-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14848
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14848/11150
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14848/1992
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran