Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII
 
Creator Pusporini, Intan Warih
Abidin, Zainal
Fathani, Abdul Halim
 
Description Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas VII materi bangun datar segiempat yang menggunakan model pembelajaran Osborn dan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn dan model pembelajaran konvensional pada kelas VII materi bangun datar segiempat, dan (3) mendeskripsikan hasil analisis tentang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn dan model pembelajaran konvensional kelas VII materi bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, Sampel penelitian siswa kelas VII I (kelas eksperimen) dan VII H (kelas kontrol). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 23. Berdasarkan uji statistik menggunakan software SPSS 23 dengan diperoleh kesimpulan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas eksperimen yang melalui model pembelajaran Osborn dengan kelas kontrol yang melalui model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen yang melalui model pembelajaran Osborn lebih baik daripada kelas kontrol yang melalui model pembelajaran konvensional, dan (3) berdasarkan hasil analisis penelitian kualitatif melalui observasi, catatan lapangan, dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa model pembelajaran Osborn lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, model pembelajaran Osborn.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5924
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5924/4923
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran