PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS GINTANGAN BANYUWANGI MATERI KOORDINAT KARTESIUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS GINTANGAN BANYUWANGI MATERI KOORDINAT KARTESIUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
Creator |
Muntafi'ah, Wildhatul
|
|
Description |
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe snowball throwing dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis materi koordinat kartesius pada siswa kelas VIII MTs Gintangan Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus tersebut terdapat empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D MTs Gintangan banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Data pada penelitian ini ada dua jenis, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan mencari nilai presentasinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan materi koordinat kartesius. Peningkatan rata-rata skor tes akhir siklus dari 72,64 pada sikus I mengalami peningkatan menjadi 81,25 pada siklus II. Dan juga dari 28 siswa hanya 20 siswa yang tuntas pada siklus I dengan persentase ketuntasan tes akhir siklus I hanya mencapai 71,42% sedangkan yang diharapkan adalah ≥ 80% siswa mencapai KKM (nilai 75). Pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu 25 siswa yang tuntas dari 28 siswa dengan persentase ketuntasan ketuntasan tes akhir siklus II pemahaman konsep siswa sebesar 89,28%. Kata-kata kunci: Model cooperative learning tipe snowball throwing, pemahaman konsep matematis, koordinat kartesius.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2536
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2536/2365
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|