Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI MODEL CIRC DENGAN STRATEGI PEER TUTORING MATERI SPLDV SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI MODEL CIRC DENGAN STRATEGI PEER TUTORING MATERI SPLDV SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
 
Creator Haq, Muhammad Thoriqul
 
Description AbstrakTujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaanpemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara kelas yang menggunakan dengan model pembelajaran CIRC dengan strategi peer tutoring dan peserta didik yang menggunkan pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui apakah pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik  yang menggunakan dengan model pembelajaran CIRC dengan strategi peer tutoring lebih baik dari peserta didik yang menggunkan pembelajaran konvensional. (3) untuk mendeskripsikan bagaimana pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara kelas yang menggunakan dengan model pembelajaran CIRC dengan strategi peer tutoring dan peserta didik yang menggunkan pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah metode kombinasi atau mix research pada tipe sequential explanatory. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control grup design. Pengambilan sampel dengan teknik convenience sampling. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil pretest dan hasil postest yang dianalisis menggunakan Independent Sample t Test untuk kemampuan pemecahan masalah dan angket yang dianalisis menggunakan Mann –Whitney U untuk self confidence. Sedangkan data kualitatif berupa data observasi dan wawancara. Hasil uji hipotesis menggunakan kesamaan rata-rata dua pihak yaitu terdapat perbedaan pemecahan masalah self confidence antara peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol, hasil uji menggunakan kesamaan rata-rata satu pihak yaitu pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari peserta didik kelas kontrol, dan deskripsi pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik kelas eksperimen berbeda dari kelas kontrol yang dilihat dari pencapaian indikator pada masing-masing kategori peserta didik.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, self confidence, model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, strategi peer tutoring, SPLDV.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6000
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6000/4988
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran