KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI MODEL CIRC DENGAN STRATEGI PEER TUTORING MATERI SPLDV SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI MODEL CIRC DENGAN STRATEGI PEER TUTORING MATERI SPLDV SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
|
|
Creator |
Haq, Muhammad Thoriqul
|
|
Description |
AbstrakTujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaanpemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara kelas yang menggunakan dengan model pembelajaran CIRC dengan strategi peer tutoring dan peserta didik yang menggunkan pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui apakah pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik yang menggunakan dengan model pembelajaran CIRC dengan strategi peer tutoring lebih baik dari peserta didik yang menggunkan pembelajaran konvensional. (3) untuk mendeskripsikan bagaimana pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara kelas yang menggunakan dengan model pembelajaran CIRC dengan strategi peer tutoring dan peserta didik yang menggunkan pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah metode kombinasi atau mix research pada tipe sequential explanatory. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control grup design. Pengambilan sampel dengan teknik convenience sampling. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil pretest dan hasil postest yang dianalisis menggunakan Independent Sample t Test untuk kemampuan pemecahan masalah dan angket yang dianalisis menggunakan Mann –Whitney U untuk self confidence. Sedangkan data kualitatif berupa data observasi dan wawancara. Hasil uji hipotesis menggunakan kesamaan rata-rata dua pihak yaitu terdapat perbedaan pemecahan masalah self confidence antara peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol, hasil uji menggunakan kesamaan rata-rata satu pihak yaitu pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari peserta didik kelas kontrol, dan deskripsi pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik kelas eksperimen berbeda dari kelas kontrol yang dilihat dari pencapaian indikator pada masing-masing kategori peserta didik.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, self confidence, model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, strategi peer tutoring, SPLDV.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-02-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6000
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6000/4988
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|