Record Details

PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII MTS RAUDLATUL ULUM KARANGPLOSO

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII MTS RAUDLATUL ULUM KARANGPLOSO
 
Creator Fortuna, Nadine Kernela Dara
 
Description AbstrakTujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) menentukan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (3) mendeskripsikan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed research dengan desain sequential explanatory. Penelitian kuantitatif menggunakan penelitian quasi experimental dengan populasi kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Karangploso sebanyak 90 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Data kuantitatif diperoleh dari hasil post-test. Analisis data menggunakan uji-t hipotesis dua pihak dan satu pihak. Jenis penelitian kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif uji-t dua pihak menggunakan software SPSS 20 diperoleh (1) hasil uji-t pemahaman konsep Sig 2-tailed  maka  ditolak, uji-t kemampuan pemecahan masalah matematis Sig 2-tailed  maka  ditolak, artinya terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dengan kelas kontrol; (2) analisis data kuantitatif  uji hipotesis satu pihak diperoleh perhitungan pemahaman konsep maka diterima, perhitungan kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh maka diterima, artinya pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) analisis data kualitatif diperoleh hasil bahwa kedua subjek pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi memenuhi indikator pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan dalam penelitian. Pada masa yang diberikan, subjek sudah memenuhi indikator pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis, masalah yang diberikan yaitu materi pola bilangan.Kata kunci: model MMP dengan metode TSTS, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan matematis
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2524
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2524/2354
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran