Efektivitas Penerapan Model Sinektik Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Penerapan Model Sinektik Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung
|
|
Creator |
Nurseha, Sarifah Umi
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model sinektik dalam pembelajaran teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 52, 95 meningkat menjadi 76, 90 cukup mengalami peningkatan. Sedangkan kelas eksperimen rata-rata hasil belajar semula 58,15 meningkat menjadi 88, 10 mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan model sinektik lebih besar dari pada peningkatan pembelajaran yang tidak menggunakan model sinektik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model sinektik efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.Kata Kunci : efektivitas, model sinektik, teks cerpen
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15546
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15546/11826
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/15546/2138 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|