Record Details

Efektivitas Penerapan Model Sinektik Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Penerapan Model Sinektik Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung
 
Creator Nurseha, Sarifah Umi
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model sinektik dalam pembelajaran teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 52, 95 meningkat menjadi 76, 90 cukup mengalami peningkatan. Sedangkan kelas eksperimen rata-rata hasil belajar semula 58,15 meningkat menjadi 88, 10 mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan model sinektik lebih besar dari pada peningkatan pembelajaran yang tidak menggunakan model sinektik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model sinektik efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.Kata Kunci : efektivitas, model sinektik, teks cerpen
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2022-03-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15546
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15546/11826
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/15546/2138
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran