Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DAMPIT PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION DENGAN METODE PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA)

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DAMPIT PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION DENGAN METODE PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA)
 
Creator Rohmatika, Dzati
 
Description AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Poster Session dengan metode pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) serta untuk mendeskripsikan hasil analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dampit pada materi bentuk aljabar secara kuantitatif dan kualitatif tidak berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed methods) desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian ini kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Sedangkan subjek penelitian kualitatif sebanyak tiga orang dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah pada masing-masing kelas sampel. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dua pihak dengan bantuan Software SPSS 20  bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taraf signifikansi 5% antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis kualitatif diperoleh bahwa subjek kelas eksperimen lebih menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dari pada subjek kelas kontrol. Dengan demikian, penelitian kualitatif dapat membuktikan, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada penelitian kuantitatif.Kata-kata kunci: strategi pembelajaran poster session, metode pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), kemampuan pemecahan masalah matematika.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2501
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2501/2332
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran