Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MARRY GO ROUND DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MARRY GO ROUND DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII
 
Creator Pranantia, Asha Magrisya
 
Description AshaMagrisya Pranantia1, Surahmat2, Sikky El Walida3
1,2,3ProgramStudiPendidikanMatematika FKIP Universitas Islam Malang
Email: 1ashamagrisya@gmail.com,


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Angkasa pada materi Himpunan melalui model pembelajaran Marry Go Round dengan Metode Design Thinking dan model pembelajaran konvensional, dan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Angkasa Singosari pada materi Himpunan melalui model pembelajaran Marry Go Round dengan Metode Design Thinking dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif siswa kelas VII A dan Kelas VII B. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 23. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 6 siswa. Berdasarkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 23 diperoleh nilai Sig = 0,00. Karena nilai Sig = 0,00< 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Marry Go Round dengan Metode Design Thinking dengan siswa kelas kontrol menggunakan model konvensional pada materi himpunan di SMP Angkasa Singosari. Berdasarkan analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dapat disimpulkan rata-rata sebanyak 65,52% siswa sudah memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada kelas kontrol rata-rata hanya 13,79 % siswa memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis.

Kata Kunci: kemampuan berpikirkratifmatematis, model pembelajaran Marry Go Round, MetodeDesign Thinking
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5956
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5956/4928
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran