Record Details

Perilaku Psikopat Tokoh Utama dalam Novel Psycopat Diary Karya Vasca Vannisa

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perilaku Psikopat Tokoh Utama dalam Novel Psycopat Diary Karya Vasca Vannisa
 
Creator Ningsih, Ayu Purwa
 
Description Abstrak: Karya sastra merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide-ide yang terdapat di dalam pikiran seorang sastrawan. Dengan karya sastra seseorang akan bebas mengekspresikan apa saja yang ada di dalam pikirannya, baik itu sebuah pengalaman, semangat, perasaan, yang dilukiskan ke dalam bentuk tulisan. Salah satu bentuk karya sastra yaitu novel. Novel “Psycopat Diary” karya Vasca Vannisa merupakan novel yang di dalamnya menceritakan tentang kehidupan seorang anak bernama Alesa Kasandra. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk perilaku psikopat dan faktor yang mempengaruhi perilaku psikopat tokoh utama dalam novel “Psycopat Diary”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini yang pertama yaitu sebelas aspek perilaku psikopat tokoh utama dalam novel “Psycopat Diary”. Sebelas aspek tersebut yaitu berulangkali melanggar hukum, berbohong, impulsivitas, mudah tersinggung dan agresif, tidak memedulikan keselamatan diri dan orang lain, kurang memiliki rasa penyesalan, kemiskinan emosi positif maupun negatif, tidak memiliki rasa malu, berpenampilan menawan untuk memanipulasi orang lain, kadar kecemasan rendah, dan sering kejam pada orang lain. Kedua, hasil penelitian ini menunjukan bentuk faktor perilaku psikopat tokoh utama yang disebabkan oleh faktor rumah tangga/keluarga, faktor agama, faktor psikoedukatif, dan faktor sosial budaya.Kata Kunci: Sastra, Novel, Psikopat 
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-07-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6985
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6985/5742
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran