Record Details

IMPLIKATUR (KONVENSIONAL) GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INKLUSI SMP BHAKTI

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLIKATUR (KONVENSIONAL) GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INKLUSI SMP BHAKTI
 
Creator Aulia, Afifah Tri
 
Description Abstrak: Implikatur konvensional merupakan implikatur yang diperoleh langsung dari makna kata, dan bukan dari prinsip percakapan. Implikatur konvensional tidak didasarkan pada prinsip kerjasama atau maksim-maksim. Masalah penelitian ini yaitu implikatur konvensional berdasarkan gaya bahasa dan bentuk tutruran berdasarkan bentuk implikatur konvensional yang digunakan guru dengan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah inklusi SMP Bhakti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Studi kasus yang ditemukan peneliti di lapangan bahwa selama observasi peneliti melihat kelas yang digunakan yaitu dengan model reguler dengan pull out. Saat pembelajaran berlangsung siswa berkebutuhan khusus (ABK) di temani oleh guru pendamping atau shadow teacher. Dari penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil berdasarkan urutan banyaknya hasil yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu gaya bahasa eponim, alegori, epitet, personifikasi, sinekdoke, metonomia, dan gaya bahasa yang tidak ditemukan pada saat penelitian yaitu simile, metafora, eponim. Berdasarkan urutan berdasarkan bentuk implikatur konvensional yang sering digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu ekspresif, asertif, direktif, komisif, deklaratif. Kata Kunci: implikatur konvensional, gaya bahasa kiasan, inklusi
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-06-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2935
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2935/2671
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2935/2672
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran