Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII
 
Creator Andayani, Demas Tri
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa pada kelas VIII materi kubus dan balok melalui model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran konvensional, mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa pada kelas VIII materi kubus dan balok melalui model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran konvensional, dan mendeskripsikan hasil analisis tentang kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa kelas VIII materi kubus dan balok melalui model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, Sampel penelitian siswa kelas VIII B dan kelas VIII B. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif uji statistik menggunakan SPSS 23 dengan  diperoleh kesimpulan ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran advance organizer dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran advance organizer lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran advance organizer dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4930
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4930/4467
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/4930/512
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran