Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL MULTILITERASI MATEMATIS METODE WRITE PAIR SWITCH MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 DAU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL MULTILITERASI MATEMATIS METODE WRITE PAIR SWITCH MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 DAU
 
Creator Faiza, Dwi Eni Nur
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendiskripsikan apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol materi statistika kelas VIII SMPN 1 Dau. Dan untuk mendiskripsikan keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi  dengan sequential explanatory design. Penelitian ini menggunakan jenis true eksperimental yaitu menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen dengan penerapan model multiliterasi matematis metode write pair switch dan kelas kontrol dengan model konvensional. Data kuantitatif diperoleh melalui soal tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Teknik pemilihan subjek wawancara dilakukan dengan teknik purposive sampling. Melalui uji t, data posttest kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis masing-masing diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,007 < 0,05 dan 0,040 < 0,05, sehingga  ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data kualitatif menunjukkan pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga hasil penelitian kualitatif dapat mendukung, melengkapi, dan memperkuat hasil penelitian kuantitatif.Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi matematis, model multiliterasi matematis, metode write pair switch, statistika.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3820
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3820/3421
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran