KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL MULTILITERASI MATEMATIS METODE WRITE PAIR SWITCH MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 DAU
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL MULTILITERASI MATEMATIS METODE WRITE PAIR SWITCH MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 DAU
|
|
Creator |
Faiza, Dwi Eni Nur
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendiskripsikan apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol materi statistika kelas VIII SMPN 1 Dau. Dan untuk mendiskripsikan keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi dengan sequential explanatory design. Penelitian ini menggunakan jenis true eksperimental yaitu menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen dengan penerapan model multiliterasi matematis metode write pair switch dan kelas kontrol dengan model konvensional. Data kuantitatif diperoleh melalui soal tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Teknik pemilihan subjek wawancara dilakukan dengan teknik purposive sampling. Melalui uji t, data posttest kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis masing-masing diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,007 < 0,05 dan 0,040 < 0,05, sehingga ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data kualitatif menunjukkan pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga hasil penelitian kualitatif dapat mendukung, melengkapi, dan memperkuat hasil penelitian kuantitatif.Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi matematis, model multiliterasi matematis, metode write pair switch, statistika.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3820
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3820/3421
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|