Record Details

PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA KELOMPOK MIPA

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA KELOMPOK MIPA
 
Creator Anggraeni, Dita Kusuma
Fathani, Abdul Halim
Alifiani, Alifiani
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada kelompok MIPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pemilihan dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian dipilih berdasarkan peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah satu peserta didik kelompok MIPA kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik kelompok MIPA memiliki profil kemampuan penalaran matematis yang baik. Pada proses sensemaking cenderung melakukan representasi bentuk simbolik. Pada proses conjecturing, memberikan alasan logis yang mana sesuai dengan apa yang diketahui serta menggunkaan model matematika untuk menentukan strategi penyelesaian. Pada proses convincing, sesuai dengan rencana strategi yang telah ditentukan dan cenderung menggunakan otak kiri sehingga mampu menguraikan langkah-langkah penyelesaian dan menggunakan rumus dengan tepat. Pada proses reflecting, mengevaluasi kembali hasil penyelesaian dan yakin sehingga hasil penyelesaian benar. Pada proses generalising, menggeneralisasikan kesimpulan dengan benaar dan menggunakan simbol matematika.Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, soal cerita
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-09-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13229
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13229/10393
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran