Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PEMBELAJARAN DARING
 
Creator Prastiyo, Erik Agus
Alifiani, Alifiani
Hasana, Siti Nurul
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar yang dilakukan pada masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs. Sunan Kalijogo Ngadri. Sumber data penelitian terdiri dari 3 peserta didik dipilih sesuai purposive sampling. Prosedur pengumpulan data yaitu menggunakan angket, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh subjek dengan tiga kondisi yang berbeda. Subjek yang pertama, disebut dengan S1, dengan kriteria kemandirian belajar tinggi pada masa pembelajaran daring, memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Dengan kata lain, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat tinggi pada masa pembelajaran daring juga memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat tinggi. Selanjutnya, untuk S2, dengan kriteria kemandirian belajar sedang pada masa pembelajaran daring, hanya memenuhi empat indikator, yaitu indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, indikator memberi contoh dan non contoh dari konsep dan indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu. Dengan kata lain, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat sedang pada masa pembelajaran daring, juga memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat sedang. Yang terakhir, untuk subjek ketiga atau disebut S3, dengan kriteria kemandirian belajar tingkat rendah pada masa pembelajaran daring, hanya mampu memenuhi tiga indikator, yaitu indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dan indikator memberi contoh dan non contoh dari konsep. Dengan kata lain, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat rendah pada masa pembelajaran daring, juga memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat rendah.Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar, pembelajaran daring
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2022-01-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14682
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14682/11048
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran