Record Details

Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Subtema Keragaman Budaya Bangsaku) Untuk Anak Lamban Belajar Kelas 4 SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Subtema Keragaman Budaya Bangsaku) Untuk Anak Lamban Belajar Kelas 4 SD Pada Masa Pandemi Covid-19
 
Creator Yunita, Fernanda
 
Description Abstrak: Pandemi covid-19 menyebabkan adanya perubahan pada pembelajaran. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka, kini harus dihentikan dan diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (online). Hal ini dikarenakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Dalam hal ini, siswa lamban belajar juga mengikuti pembelajaran dalam jaringan (online). Di Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keanekaragaman Budaya Bangsaku terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 untuk anak lamban belajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah anak lamban belajar. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya ada tiga, yaitu (1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. (2) Jenis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di masa pandemi covid-19. (3) Strategi pembelajaran khusus untuk siswa lamban belajar. Simpulan hasil penelitian yaitu perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD didasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), jenis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di masa pandemi covid-19 ini adalah strategi pembelajaran ekspositori, dan strategi pembelajaran khusus untuk siswa lamban belajar yaitu strategi kunjungan kerumah siswa lamban belajar, guru kelas 4B mendatangi rumah siswa lamban belajar yang mengalami kesulitan belajar, dan mengadakan belajar kelompok di rumah siswa lamban belajar yang mengalami kesulitan belajar.Kata Kunci: Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, anak lamban belajar, era pandemi covid-19
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11649
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11649/9365
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/11649/1479
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran