Record Details

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media Question Card

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media Question Card
 
Creator Chasanah, Lintang
Walida, Sikky El
Fuady, Anies
 
Description Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media Question Card pada materi Statistika. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori pemahaman konsep matematis tinggi, sedang, dan rendah yang dilihat dari hasil posttest. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar soal tes pemahaman konsep matematis, lembar observasi, lembar catatan lapangan, media pembelajaran, RPP, pedoman wawancara, dan foto serta video dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. (1) Hasil posttest peserta didik meningkat: hasil pretest AMM mendapat 36 dan hasil posttest 90, hasil pretest RDN mendapat 19 dan hasil posttest 78, hasil pretest IN mendapat 18 dan hasil posttest 68, hasil pretest INW mendapat 24 dan posttest 65, hasil pretest MPA mendapat 27 dan posttest 65, serta hasil pretest NYS mendapat 12 dan posttest 60. (2) Subjek yang memiliki pemahaman konsep matematis tinggi telah memenuhi tiga indikator pemahaman konsep matematis dengan baik dan satu indikator cukup baik. (3) Subjek yang memiliki pemahaman konsep matematis sedang telah memenuhi dua indikator baik dan dua indikator cukup baik. (4) Subjek yang memiliki pemahaman konsep matematis rendah telah memenuhi dua indikator baik, satu indikator cukup baik, dan satu indikator kurang baik.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-08-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8158
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8158/6730
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran