KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTU MEDIA BAHAN MANIPULATIF PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP ISLAM
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTU MEDIA BAHAN MANIPULATIF PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP ISLAM
|
|
Creator |
Rachmawati, Reni Aprilia
Abidin, Zainal Alifiani, Alifiani |
|
Description |
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diberi strategi pembelajaran REACT berbantu media bahan manipulatif dan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui mana yang lebih baik kemampuan koneksi matematis peserta didik antara yang diajar dengan strategi pembelajaran REACT berbantu media bahan manipulatif dan diajar dengan model pembelajaran konvensional, (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diberi strategi pembelajaran REACT berbantu media bahan manipulatif pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif siswa kelas VIII B dan VIII C. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 23.Subjek penelitian kualitatif sebanyak 6 siswa. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak dengan menggunakan software SPSS 23 diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,017 < 0,05 sehingga H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan yaitu terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran REACT berbantu media bahan manipulatif dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji-t satu pihak diperoleh = maka H0 ditolak sehingga didapatkan kesimpulan yaitu kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran REACT berbantu media bahan manipulatif lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya pada hasil analisis data kualitatif, peserta didik kelas eksperimen rata-rata telah memenuhi semua indikator koneksi matematis, sedangkan peserta didik kelas kontrol memenuhi sebagian indikator kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari pencapaian indikator pada masing-masing kategori peserta didik. Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, strategi pembelajaran REACT, media bahan manipulatif
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3747
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3747/3405
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|