Record Details

Eksklusivitas Bahasa Persuasif Iklan Media Luar Ruangan Di Wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malang

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Eksklusivitas Bahasa Persuasif Iklan Media Luar Ruangan Di Wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malang
 
Creator Anggraeni, Linda Nur
 
Description Penelitian ini membahas tentang iklan media luar ruangan yang meliputi bentuk diksi, struktur bahasa, serta gaya motivasi dalam iklan komersial. Berdasarkan hal di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) bagaimana bentuk diksi persuasif iklan media luar ruang di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang, (2) bagaimana struktur bahasa persuasif iklan media luar ruang di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang, (3) bagaimana gaya motivasi persuasif iklan media luar ruang di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara, data yang sudah dikumpulkan dianalisis satu per satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan bentuk diksi pada iklan komersial media luar ruang (spanduk, baliho, neon box, billboard, banner), meliputi kata umum, kata khusus, kata populer, kata konkret, kata abstrak, kata kajian, kata nonbaku, kata asli, kata serapan, denotasi dan konotasi, Bentuk diksi kata populer yang paling banyak ditemukan dalam iklan komersial dalam media luar ruangan di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang yang dalam penulisannya digunakan oleh semua khalayak dalam hal berkomunikasi sehari-hari (2) struktur bahasa yang digunakan, meliputi subjek, predikat, objek, keterangan tempat, struktur bahasa (subjek, predikat, objek) yang paling banyak ditemukan dalam iklan komersial dalam media luar ruangan di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang, merupakan iklan paling menonjol dan dominan penggunaannya (3) gaya motivasi yang digunakan, meliputi motivasi positif dan motivasi instrinsik, gaya motivasi positif dan instrinsik tersebut memiliki jumlah yang sama yakni banyak ditemukan dalam iklan komersial.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12149
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12149/9651
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran