Record Details

Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI di MA KHM Said Melalui Media VIKLIM.

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI di MA KHM Said Melalui Media VIKLIM.
 
Creator Rosyida, Nadia
 
Description ABSTRAK : Penelitian pada siswa kelas XI MA KHM Said Malang dalam hal ini peneliti mengkaji tentang menulis karangan yakni menulis cerita pendek atau cerpen. Selama ini keterampilan menulis cerpen yang diajarkan di sekolah-sekolah menggunakan metode konvensional, yang di tandai dengan dominasi peran guru. Dalam hal tersebut, peran guru sangat dominan dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan dapat menimbulkan kebosanan bagi siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil karya yang di buat oleh siswa kurang maksimal bahkan kurang menarik. Kurang menariknya hasil karangan pada siswa biasanya dikarekan bahasa yang digunakan monoton dan pengembangan ide yang kurang bervariasi. Keadaan tersebut akan mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep siswa dan kemampuan komunikasi siswa. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan  pemahaman konsep serta keterampilan siswa untuk menulis cerpen adalah dengan menerapkan strategi dan strategi pembelajaran yang dianggap relevan untuk diterapkan oleh guru Bahasa Indonesia.Fopeningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menggunakan media viklim. Tujuan peneliti ini untuk mendeskripsikan gambaran objektif tentang peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media viklim pada siswa kelas XI MA KHM Said Malang. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data penelitian berupa deskripsi data (fakta) yang diperoleh di lapangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, pada setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitihan tindakan kelas adalah siswa MA KHM Said Malang kelas XI semester ganjil Tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 23 siswa. Seluruh siswa dilibatkan dalam kegiatan penelitian karena mengikuti kontak alamiah pada proses pembelajaran yang sesungguhnya. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data dalam penelitian ini adalah kualitatif.Temuan penelitian menujukan bahwa kemampuan menulis teks cerpen melalui media viklim mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai kelas siswa pada tes siklus I yaitu 77.60 dan pada siklus II yaitu 85.43, untuk lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama antusias siswa 65,21%, ketertarikan siswa dalam menulis cerpen 56,52%. Sedangkan pada siklus II mencapai 95,65%. Semua yang dijelaskan oleh peneliti sudah terlaksana dengan baik. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan media viklim dapat meningkatkan menulis cerpen pada siswa kelas XI MA KHM Said Malang dan dari data tersebut maka strategi pembelajaran dengan menggunakan media viklim merupakan salah satu inovasi dalam memperbaiki kualitas proses belajaran mengajar yang bertujuan untuk membantu siswa agar dapat belajar mandiri dan kreatif, sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat membentuk kepribadian siswa.  Kata-kata kunci: menulis, teks cerita pendek, pembelajaran media viklim 
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5883
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5883/4958
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran