PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN
|
|
Creator |
Hijratullisa, Hijratullisa
|
|
Description |
AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ROPES teknik TSTS untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat dan pecahan peserta didik kelas VII-E SMP Ma’arif 03 Kota Batu tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan kualitatif sebagai pendekatan utama dan pendekatan kuantitatif sebagai pelengkap. Data penelitian ini ada dua jenis, yaitu: 1) data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan 2) data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-E SMP Ma’arif 03 Batu yang berjumlah 28 peserta didik. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil analisis data setiap akhir siklus sebagai berikut: (1) persentase keberhasilan kegiatan guru pada siklus I mencapai 80,06% dan siklus II meningkat 16,20% menjadi 96,26% b; (2) persentase keberhasilan kegiatan peserta didik pada siklus I mencapai 78,81% dan siklus II meningkat 19,76% menjadi 98,57%; (3) persentase tes akhir siklus I pada kemampuan penalaran matematika yaitu 60,71% dan siklus II mengalami peningkatan 21,43% menjadi 82,14%, dan (4) respon peserta didik dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap enam peserta didik pada siklus I mencapai 66,67% dan siklus II 100% peserta didik merasa senang terhadap penerapan model pembelajaran ROPES dengan teknik TSTS. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VII-E SMP Ma’arif 03 Batu tahun ajaran 2018/2019. Kata-kata Kunci: model ROPES (review, overview, presentation, exercise, summary, two stay two stray (TSTS), penalaran matematika.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2505
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2505/2336
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|