Record Details

KARAKTERISASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KARAKTERISASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
 
Creator Handayani, Putri
Faradiba, Surya Sari
Fuady, Anies
 
Description Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan karakterisasi kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek yang diteliti sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VIII dengan instrumen soal non-routine materi persamaan garis lurus. Hasil dari penelitian ini memperoleh data bahwa dari keempat subjek tersebut memiliki kemampuan metakognitif yang baik dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan garis lurus. Apabila dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus subjek melibatkan kemampuan metakognitifnya dengan jawaban akhir yang benar maka dapat dikatakan subjek memiliki kemampuan metakognitif yang baik dalam menyelesaikan masalah. sedangkan apabila subjek menyelesaikan masalah dan melibatkan kemampuan metakognitifnya dengan jawaban akhir salah maka dapat dikatakan subjek memiliki kemampuan metakognitif yang kurang baik dalam menyelesaikan masalah.Kata kunci: kemampuan metakognitif, pemecahan masalah matematika
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-06-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10749
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10749/8824
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/10749/1301
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran