PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PENALARAN SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SUDUT KELAS VII MTS. ISTIKMALUNNAJAH PASONGSONGAN
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PENALARAN SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SUDUT KELAS VII MTS. ISTIKMALUNNAJAH PASONGSONGAN
|
|
Creator |
Shomad, Nuruddin Abd.
Rukmigarsari, Ettie Faradiba, Surya Sari |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kemampuan representasi dan penalaran secara bersama-sama terhadap pemecahan masalah matematis siswa, 2) mengetahui pengaruh kemampuan representasi terhadap pemecahan masalah matematis siswa, dan 3) mengetahui pengaruh kemampuan penalaran terhadap pemecahan masalah matematis siswa pada materi sudut kelas VII MTs. Istikmalunnajah Pasongsongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Istikmalunnajah Pasongsongan. Pemilihan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ialah seluruh siswa kelas VII MTs. Istikmalunnajah Pasongsongan yang berjumlah 60 siswa, 30 siswa dari kelas A dan 30 siswa dari kelas B. Dengan 16 siswa sebagai uji coba kuesioner dan 44 siswa sebagai sampel penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap, yaitu: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan kemampuan representasi dan penalaran secara bersama-sama terhadap pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan representasi dan penalaran secara bersama-sama terhadap pemecahan masalah matematis adalah 91%. Selanjutnya, ada pengaruh secara signifikan kemampuan representasi terhadap pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan representasi terhadap pemecahan masalah matematis adalah 37,4%. Terakhir, ada pengaruh secara signifikan kemampuan penalaran terhadap pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan penalaran terhadap pemecahan masalah matematis adalah 53,6%.Kata kunci: kemampuan representasi, kemampuan penalaran, pemecahan masalah matematis, sudut
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2022-01-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14946
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14946/11179
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14946/2032 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|