PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN SPLDV SISWA SMP ISLAM FATHUL BARRIYAH PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN SPLDV SISWA SMP ISLAM FATHUL BARRIYAH PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
Creator |
Laila, Ulyfatul
|
|
Description |
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) pada siswa kelas VIII SMP Islam Fathul Barriyah Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflesi. Subyek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas VIII SMP Islam Fathul Barriyah Tahun Pelajaran 2018/2019. Data pada penelitian ini ada dua jenis, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil lembar observasi guru dan siswa, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif dari hasil tes tiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Adapun dari hasil analisis data setiap akhir siklus dapat dilihat dari: (1) Persentase ketuntasan tes akhir siklus I pada kemampuan pemahaman konsep yaitu 58,33% dan kemampuan pemecahan masalah masalah matematika siswa yaitu 54,71%. Pada siklus II, persentase ketuntasan pemahaman konsep meningkat menjadi 87,50% dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga meningkat menjadi 91,67%; (2) persentase keberhasilan kegiatan guru pada siklus I mencapai 76,19% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,04%; (3) persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,42% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,80%; (4) wawancara pada siklus I dari 6 siswa ada 4 siswa yang senang dengan model pembelajaran PBL dengan strategi RTE dengan persentase 66,67% dan meningkat pada pada siklus II yaitu dari 6 siswa ada 5 siswa yang senang dengan model pembelajaran PBL dengan strategi RTE dengan pesentase 83,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dengan strategi RTE dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV siswa kelas VIII SMP Islam Fathul Barriyah Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata-kata kunci: Pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah matematika, Problem Based Learning, Rotating Trio Exchange.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2533
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2533/2363
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|