Efektivitas Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Yulistia, Putri Veronica
|
|
Description |
Abstrak: Menulis merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengungkapan pikiran atau ide yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif sehingga penulis harus memiliki kemampuan dalam menggunakan kosakata, tata tulis, dan struktur bahasa. Cerita pendek adalah fiksi pendek yang selesai dibaca sekali duduk Cerpen termasuk bentuk prosa naratif fiktif yang cenderung lebih padat dibandingkan dengan fiksi lain yang lebih panjang seperti novel. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media film pendek dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Film pendek merupakan film dengan durasi pendek antara 1 menit – 30 menit, menurut standar festival internasional. Film pendek yang digunakan dalam penelitian ini adalah film pendek yang berjudul “Jangan Menyerah” dan “Berubah”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi atau quasi experimental. Hasil Penelitian ini menunjukkan besar t hitung (th) adalah 7.812 dengan db 66 diperoleh nilai p 0.000. Nilai p lebih kecil dari 0.05 (p: 0.000 < 0.05). Dengan demikian, hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol yang diajar menulis cerpen tanpa menggunakan media film pendek dengan kelompok eksperimen yang diajar menulis cerpen menggunakan media film pendek. Hal tersebut membuktikan bahwa media film pendek efektif dalam pembelajaran menulis cerpen.Kata Kunci: efektivitas, media, film pendek, menulis cerpen
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-07-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7240
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7240/5845
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/7240/842 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|