Record Details

ANALISIS PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI
 
Creator Hardianto, Ervin
Rukmigarsari, Ettie
Fathani, Abdul Halim
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII MTs Al Ma’arif 01 Singosari. Penelitian berlansung pada bulan Desember 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, soal tes dan dokumentasi. Skor kuesioner kemandirian belajar  merupakan data ordinal yang ditransformasikan menjadi data interval dengan menngunakan Method of Successive Interval (MSI). Kemudian dilakukan uji normalitas data sebagai syarat uji statistik parametrik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, dengan menggunakan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII MTs Al Ma’arif 01 Singosari pada materi relasi dan fungsi. Pengaruh tersebut bersifat positif, yang artinya apabila tingkat kemandirian belajar peserta didik meningkat maka prestasi belajar matematika yang dihasilkan meningkat pula. Besarnya kontribusi pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika diperoleh 63,3%. Sedangkan sisanya 36,7% prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh faktor lain selain tingkat kemandirian belajar peserta didik.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-01-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9762
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9762/7748
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran