Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIAKAN SOAL HOTS PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAJAK BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIAKAN SOAL HOTS PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAJAK BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI
 
Creator Musafak, Mohammad Fajar
Sunismi, Sunismi
Alifiani, Alifiani
 
Description Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan motivasi berprestasi pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak, 2) Untuk mendiskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan motivasi berprestasi pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik SMP Negeri 1 Wajak kelas VIII C dengan jawaban yang unik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pada rumusan masalah pertama yaitu: a) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi seluruh indikator. b); Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi tiga indikator. c); Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah mampu memenuhi dua indikator. Selanjutnya rumusan masalah yang kedua adalah a) peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir kritis kategori tinggi memiliki rata-rata nilai 81 dan motivasi berprestasi tinggi memiliki rata-rata nilai 115,272. Dalam hal ini bahwa pada kemampuan berpikir kritis kategori tinggi memiliki motivasi berprestasi tinggi.; b) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang memiliki memiliki rata-rata nilai 73,91 dan motivasi berprestasi sedang memiliki rata-rata nilai 95,520. Dalam hal ini bahwa pada kemampuan berpikir kritis kategori sedang memiliki motivasi berprestasi sedang.; c) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah memiliki rata-rata nilai 51,25 dan motivasi berprestasi rendah memiliki rata-rata nilai 71,224. Dalam hal ini bahwa pada kemampuan berpikir kritis kategori rendah memiliki motivasi berprestasi rendah.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-04-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10707
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10707/8445
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran