ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIAKAN SOAL HOTS PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAJAK BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIAKAN SOAL HOTS PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAJAK BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI
|
|
Creator |
Musafak, Mohammad Fajar
Sunismi, Sunismi Alifiani, Alifiani |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan motivasi berprestasi pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak, 2) Untuk mendiskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan motivasi berprestasi pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik SMP Negeri 1 Wajak kelas VIII C dengan jawaban yang unik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pada rumusan masalah pertama yaitu: a) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi seluruh indikator. b); Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi tiga indikator. c); Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah mampu memenuhi dua indikator. Selanjutnya rumusan masalah yang kedua adalah a) peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir kritis kategori tinggi memiliki rata-rata nilai 81 dan motivasi berprestasi tinggi memiliki rata-rata nilai 115,272. Dalam hal ini bahwa pada kemampuan berpikir kritis kategori tinggi memiliki motivasi berprestasi tinggi.; b) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang memiliki memiliki rata-rata nilai 73,91 dan motivasi berprestasi sedang memiliki rata-rata nilai 95,520. Dalam hal ini bahwa pada kemampuan berpikir kritis kategori sedang memiliki motivasi berprestasi sedang.; c) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah memiliki rata-rata nilai 51,25 dan motivasi berprestasi rendah memiliki rata-rata nilai 71,224. Dalam hal ini bahwa pada kemampuan berpikir kritis kategori rendah memiliki motivasi berprestasi rendah.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-04-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10707
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10707/8445
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|