Record Details

Pola Struktur Kalimat Dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Matayum Santiwittaya School Krabi Thailand

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pola Struktur Kalimat Dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Matayum Santiwittaya School Krabi Thailand
 
Creator Agustina, Rizka Dwi
Werdiningsih, Dyah
Badrih, Moh.
 
Description Abstrak: Bahasa Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat.Terbukti dari banyaknya penutur asing yang berminat belaja bahasa Indonesia. Baik belajar di Indonesia maupun di negara lain. Arus globalisasi mendorong Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia bisa sampai masuk di tingkat Internasional. Dapat dikatakan hal tersebut adalah faktor bahwa bahasa Indonesia mulai banyak dipelajari oleh penutur asing di berbagai negara. Untuk itu pembelajaran BIPA harus mendapat perhatian lebih. Mengingat pembelajaran BIPA telah banyak diajarkan diberbagai negara. Penelitian inin dilakukan di salah satu sekolah di Krabi, Thailand ketika peneliti melaksanakan praktik lapangan. Santiwittaya School merupakan salah satu sekolah muslim di Krabi, tepatnya di derah Ao Luek Noi. Bahasa yang digunakan di wilayah Krabi ini adalah bahasa Thailand atau Siam, mayoritas masyarakat Krabi tidak bisa berbahasa Melayu. Karena lingkungan sekitarnya dalam berkomunikasi tidaklah menggunakan bahasa Melayu, melainkan mereka berkomunikasi dengan bahasa Thailand. Jadi sulit untuk menerapkan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan struktur kalimat, penggunaan kalimat efektif, dan relasi makna dalam karangan pelajar BIPA Santiwittaya School Krabi Thailand. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat dua pola struktur kalimat, yaitu pola struktur kalimat utama dan struktur kalimat inversi. Penggunaan kalimat efektif, dan relasi makna pada struktur kalimat.Kata Kunci: pola struktur kalimat, karangan, Pelajar BIPA Santiwittaya School     Thailand
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2022-02-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7005
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7005/5751
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran