Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Metakognisi Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII Mts Al- Ittihad
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Metakognisi Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII Mts Al- Ittihad
|
|
Creator |
maulida, khikma
|
|
Description |
Abstrak: Pembelajaran ketrampilan berbicara merupakan salah satu bagian pelajaran yang penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan metakognisi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII Mts Al–Ittihad yang meliputi (1) kemampuan komunikasi interpersonal, kemampuan metakognitif, dan kemampuan berbicara siswa kelas VII, (2) pengaruh kemampuan komunikasi interpersoonal terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII, (3) Mendeskripsikan pengaruh kemampuan metakognisi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII, (4) pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan metakognitif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berbentuk angka dan analisis data dilakukan dengan menggunakan prosedur statistik. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII Mts Al- Ittihad yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Sesuai dengan rancangan yang digunakan, penelitian ini menggunakan analisis Two Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisi data pengaruh kemampuan strategi komunikasi interpersonal, strategi metakognisi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII Mts Al- Ittihad dapat dilihat sebagai berikut. (1)kemampuan komunikasi interpersonal siswa (∑skor=2515)dan kemampuan metakognisi (∑skor=2468), (2) pengaruh kemampuan komunikasi terhadap kemampuan berbicara (∑skor=2515), (3) pencapain kemampuan metakognisi siswa kelas VII Mts Al- Ittihad sudah bisa dikatakan baik dengan nilai rata- rata 73,dan (4) pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII Mts Al- Ittihad Poncokusumo berpengaruh positifdan signifikan. Dengan demikian stratgi ini dapat disimpulkan bahwa strategi kominikasi interpesonal dan metakognisi berpengaruh pada kemampuan berbicara siswa kelas VII.Kata Kunci: strategi komunikasi dan metakognisi, keterampilan berbicara, teks legenda.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8027
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8027/6618
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|