Tindak Tutur Ekspresif Dalam Kolom Komentar di Aplikasi Belanja Daring
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Tindak Tutur Ekspresif Dalam Kolom Komentar di Aplikasi Belanja Daring
|
|
Creator |
Arifin, Moh.
|
|
Description |
Abstrak: Interaksi sosial selalu melibatkan tindak tutur di dalamnya, tuturan-tuturan yang dilakukan antara satu orang dengan orang lainnya akan mengalami perbedaan. Salah satu jenis tindak tutur ilokusi ialah tindak tutur ekspresif. Tindak tutur ekspresif adalah sebuah tuturan yang dilakukan oleh penutur untuk menunjukkan sikap psikologi kepada mitra tuturnya. Tindak tutur tidak hanya terdapat dalam percakapan lisan. Tuturan juga dapat dituangkan dalam bentuk tulisan, salah satunya ialah pada kolom komentar di aplikasi belanja daring. Aplikasi belanja daring ialah suatu tempat yang di dalamnya terdiri beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif yang ditemukan dari aplikasi belanja daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten.Kata Kunci: Tindak Tutur Ekspresif, Aplikasi Belanja Daring
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-01-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14196
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14196/11122
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14196/1864 http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14196/1865 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|