Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN METODE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII-C WAHID HASYIM MALANG PADA MATERI POLA BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN METODE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII-C WAHID HASYIM MALANG PADA MATERI POLA BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator Sarif, Misyani
 
Description AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrispikan penerapan model pembelajaran children learning in science dengan metode pair check dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Wahid Hasyim Malang pada materi pola bilangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus tersebut terdapat empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Wahid Hasyim Malang yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes akhir siklus, (2) observasi, (3) wawancara dan (4) catatan lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan mencari presentase dan rata-rata ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran children learning in science dengan metode pair check dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan deskripsi peningkatan: (1) presentase ketuntasan hasil tes akhir siklus I mencapai 58,62%, sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan mencapai 77,42%, (2) keterlaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 61,07% dengan taraf keberhasilan baik, dan pada siklus II mencapai 85,89% dengan taraf keberhasilan dapat dikategirikan sangat baik. (3) kegiatan siswa siklus I mencapai 65,27% dengan taraf keberhasilan baik, dan pada siklus II mencapai 87,85% dengan taraf keberhasilan sangat baik. (4) hasil wawancara pada siklus I mencapai presentase keberhasilan 66,67% dengan kategori senang. Sedangkan pada siklus II, mencapai presentase keberhasilan 100% dengan kategori sangat senang. Kata-kata kunci: Model Children Learning In Science (CLIS), Metode Pair Check, pemecahan masalah, pola bilangan. 
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2523
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2523/2353
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran