Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP
 
Creator Sari, Fitriya Novita
Abidin, Zainal
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar dengan model Predict – Observe – Explain dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP; (2) mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif kreatif matematis siswa yang diajar dengan model Predict – Observe – Explain  dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model Predict – Observe – Explain pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif  kelas VIIIa dan Kelas VIIIc. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji normalitas, homogenitas varians, dan uji-t dengan menggunakan Software SPSS 23. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara yang menggunakan model pembelajaran Predict–Observe–Explain dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2 kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik untuk kelas eksperimen yang memakai model pembelajaran Predict-Observe-Explain lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang memakai model konvensional; (3) Berdasarkan hasil data kuantitatif yang dilakukan pada tahap pertama yaitu data hasil posttest, diketahui bahwa rata-rata nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai peserta didik kelas kontrol. Sedangkan hasil data kualitatif yang dilakukan pada tahap kedua dengan menggunakan pengambilan data melalui wawancara dan observasi diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen lebih lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil data kualitatif mendukung, melengkapi, dan memperkuat hasil data kuantitatif. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran Predict – Observe – Explain
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5972
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5972/4931
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran