KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII
|
|
Creator |
Murdiyanta, Noveanna Ginayu
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dan self concept matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran round club dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi prisma dan limas untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kejayan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi desain sequential explanatory. Sampel penelitian kuantitatif adalah peserta didik kelas VIII B (kelas eksperimen) dan VIII C (kelas kontrol). Sedangkan subjek penelitian kualitatif sebanyak tiga peserta didik pada masing-masing kemampuan yaitu peserta didik dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik tes dan angket, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil analisis data kuantitatif menggunakan Software SPSS 23 masing-masing kemampuan komunikasi dan self concept matematis berturut-turut diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000 0,05 sehingga ditolak yang artinya terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi dan self concept matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan deskripsi kemampuan komunikasi dan self concept peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dilihat dari pencapaian indikator pada masing-masing kategori peserta didik. Pada kelas eksperimen diperoleh kemampuan komunikasi dan self concept peserta didik sebesar 84,7% dan 74,6%. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil kemampuan komunikasi dan self concept peserta didik sebesar 76% dan 69,4%. Sehingga, tidak terdapat perbedaan hasil kualitatif dan kuantitatif yang artinya hasil kualitatif dapat mendukung, melengkapi dan memperkuat hasil kuantitatif pada tahap pertama.Kata kunci: kemampuan komunikasi, model pembelajaran round club, self concept, matematika, prisma dan limas.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3688
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3688/3360
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3688/321 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|