Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL SNOWBALL DRILLING DENGAN STRATEGI WORK BACKWARDS MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP NEGERI 1 GEDANGAN

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL SNOWBALL DRILLING DENGAN STRATEGI WORK BACKWARDS MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP NEGERI 1 GEDANGAN
 
Creator Putri, Rochmatul Azizah
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model Snowball Drilling dengan strategi Work Backwards dan model konvensional peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan, 2) untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model Snowball Drilling dengan strategi Work Backwards dan model konvensional peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model Snowball Drilling dengan strategi Work Backwards dan model konvensional peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan. Penelitian ini merupakan mix method dengan desain penelitian sequential explanatory. Jenis penelitian kuantitatif yaitu true experimental. Populasi penelitian ini kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data kuantitatif didapatkan dari hasil pretest dan posttest, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil uji hipotesis dua pihak data posttest yang menggunakan Independent Sample t-test diperoleh nilai Sig. = 0,004 < 0,025 maka  diterima, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model Snowball Drilling dengan strategi Work Backwards dan yang menggunakan model konvensional, 2) hasil uji hipotesis satu pihak data posttest kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik diperoleh nilai thitung > ttabel = 3,06036536 > 1,67722 maka  diterima, yang berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen yang menggunakan model Snowball Drilling dengan strategi Work Backwards lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional, 3) hasil analisis data kualitatif yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi, diperoleh bahwa kelas eksperimen lebih menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dan lebih aktif dalam proses pembelajaran daripada kelas kontrol. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, model snowball drilling, strategi work backwards
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4924
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4924/4466
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/4924/505
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran