Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs HASYIM ASY’ARI BATU DENGAN MENERAPKAN TEKNIK AKROSTIK

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs HASYIM ASY’ARI BATU DENGAN MENERAPKAN TEKNIK AKROSTIK
 
Creator Fachruwanas, Ridho
 
Description ABSTRAK : Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar yang berlangsung di kelas. Terdapat beberapa jenis tulisan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya adalah menulis puisi. Puisi adalah ekspresi jiwa seseorang yang pada umumnya digambarkan melalui diksi. Achmad (2016:18) puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang terikat oleh rima, ritme, atau jumlah baris dan ditandai oleh bahasa yang padat. Menulis puisi menurut Purba (dalam Hartono 2008:38) adalah mengungkapkan perasaan dan pikirannya dalam bentuk tulisan dengan kata-kata yang ringkas namun indah ketika dibaca. Jadi yang dimaksud dengan puisi adalah bentuk ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dituangkan dalam bentuk tulisan dengan bahasa yang indah dan terikat oleh rima, ritme, jumlah baris dan menggunakan bahasa yang padat.Kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu dirasa masih kurang. Hal ini terlihat dari hasil kerja kemampuan menulis puisi peserta didik yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimum. Hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada pihak sekolah khususnya guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dalam pembelajaran menulis puisi masih jauh dari kriteria yang sudah ditentukan. Hal ini disebabkan kurangnya minat peserta didik dalam menulis puisi. Sulitnya menentukan diksi yang indah menjadi alasan utama rendahnya minat anak-anak terhadap kegiatan menulis puisi. Pernyataan tersebut merupakan latar belakang yang mendasari peneliti akan melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengambil judul “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Peserta didik Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu dengan Menggunakan Teknik Akrostik”.Teknik pembelajaran merupakan metode penyajian yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Pada kurikulum 2013 terdapat beberapa teknik yang digunakan dalam pembelajaran, yang mana masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Salah satu teknik yang bisa digunakan yaitu teknik akrostik. Sari (2015:23) menyatakan dalam jurnalnya, teknik akrostik adalah salah satu strategi pembelajaran untuk membantu daya kreativitas peserta didik dan agar dapat lebih memudahkan peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi. Teknik akrostik merupakan cara menulis puisi yang diawali dengan menentukan judul, kemudian menuliskan kata yang berhubungan dengan judul secara vertikal ke bawah sehingga membentuk huruf yang mengawali setiap baris puisi. Keunggulan teknik akrostik dibandingkan dengan teknik lainnya adalah, (1) puisi dengan teknik akrostik berbeda dengan puisi yang menggunakan teknik lain karena dalam teknik akrostik huruf pertama tiap baris dalam puisi merupakan judul puisi yang ditulis secara vertikal, (2) Pola rima dalam baris puisi dapat bervariasi karena puisi yang menggunakan teknik akrostik lebih dari puisi deskriptif yang mana menjelaskan kata yang dibentuk. (3) Teknik akrostik memudahkan peserta didik dalam menyusun bait puisi karena sudah ada rangsangan sebelumnya dari huruf awal yang disusun secara vertikal dan membentuk kata. (4) Teknik akrostik merupakan kegiatan menulis puisi yang cocok digunakan untuk para penulis pemula.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil menulis puisi dengan menerapkan teknik akrostik. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Pembelajaran menulis puisi yang dilakukan di kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran, siklus I kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka.Berdasarkan hasil analisis data penulis menyimpulkan bahwa kegiatan menulis puisi dengan menerapkan teknik akrostik dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu. Temuan penelitian setelah diterapkan teknik akrostik, diperoleh nilai rata-rata skor pada siklus I 65,25 dan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 86,32, dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 21,07.Kata-kata Kunci: peningkatan, teknik akrostik, kemampuan menulis puisi.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6077
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6077/5016
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran