Record Details

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTS NURUL HUDA MOJOKERTO

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTS NURUL HUDA MOJOKERTO
 
Creator Mukarromah, Lilik
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui problem posing dan ntuk mendeskripsikan peningkatan prestasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui problem posing pada materi Himpunan Kelas VII MTs. Nurul Huda Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dipilih melalui teknik Purposive Sampling  diperoleh kelas VII. Data penelitian diperoleh dari tes kecerdasan logis matematis siswa dan hasil wawancara. Subjek penelitian kualitatif adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 9 siswa. Sembilan siswa tersebut dipilih dan dikategorisasikan berdasarakan nilai hasil tes 1 yaitu: tiga tinggi, tiga sedang, dan tiga rendah. Berdasarkan analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil tes kecerdasan logis matematis siswa melalui problem posing termasuk dalam kategori baik. Dari Sembilan siswa terdapat satu siswa mampu memenuhi 3 indikator kecerdasan logis matematis, 4 siswa mampu memenuhi 2 indikator, 2 siswa mampu memenuhi 1 indikator, dan 2 siswa belum mampu memenuhi indikator kecerdasan logis matematis yaitu: (1) perhitungan secara matematis, (2) berpikir logis dan bernalar, (3) pemecahan masalah, (4) berpikir induktif dan deduktif, dan (5) ketajaman pola-pola dan hubungan. Hal ini juga didukung dari nilai hasil tes yang mengalami peningkatan dan wawancara dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang diajar dengan menggunakan problem posing. Kata Kunci: pembelajaran matematika, kecerdasan logis matematis, problem posing
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3905
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3905/3450
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran