Record Details

Implementasi Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Akomodasi Perhotelan Program Inklusi Di SMKN 2 Malang Pada Masa Pandemi Covid-19

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Akomodasi Perhotelan Program Inklusi Di SMKN 2 Malang Pada Masa Pandemi Covid-19
 
Creator Khoiroh, Iffatul
 
Description ABSTRAK : Pendidikan Inklusi didefinisikan sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua siswa yang berkelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan siswa pada umumnya. Kegiatan ini dalam proses perencanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran memiliki perbedaan dengan sekolah pada umumnya.Implementasi perangkat pembelajaran bahasa Indonesia dalam program inklusi pada masa pandemi Covid-19, peneliti mengungkapkan beberapa fokus penelitian yaitu: (1)Perencanaan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia Program Inklusi, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, (3) Evaluasi hasil pembelajaran Bahasa Indonesia program inklusi.Metode penelitian dalam hal ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X AP program inklusi di SMK Negeri 2 Malang pada masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian studi kasus untuk mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa. Peneliti mengumpulkan data melalui penelitian secara daring dengan guru mapel dan GPK. Subjek penelitian dalam hal ini adalah, guru bidang studi Bahasa Indonesia, Guru Pembimbing Khusus(GPK), dan siswa ABK kelas X AP 3. Siswa ABK berjumlah 3 orang, satu di kelas reguler bernama DS dengan gangguan tunagrahita ringan, dan keduanya di kelas khusus yang bernama VN gangguan tunagrahita sedang sedangkan HD gangguan disleksia.Hasil penelitian dalam hal ini, perencanaan perangkat pembelajaran di SMKN 2 Malang menggunakan kurikulum umum dan kurikulum modifikasi untuk program inklusi. Kelas reguler guru bidang studi Bahasa Indonesia menggunakan silabus dan RPP umum, namun dalam pemberian materi dan tugas untuk siswa ABK di kelas reguler berbeda dengan siswa normal. Kelas khusus Guru Pembimbing Khusus(GPK) menggunakan silabus dan RPP modifikasi untuk siswa ABK di kelas khusus X AP 3 dengan menyesuaikan karakteristik masing-masing siswa ABK.Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19, guru bidang studi Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi watshap grun untuk menyampaikan materi dengan menggunakan Power Point Teks(PPT), dan pemberikan tugas dengan siswa merangkum materi dan mengerjakan soal-soal di Lembar Kerja Siswa(LKS). Guru Pembimbing Khusus(GPK) dalam melakukan pembelajaran membuat jurnal kegiatan pembelajaran daring untuk kelas khusus, GPK menggunakan aplikasi watshap untuk melakukan vidoe call dengan siswa ABK dalam menyampaikan materi. GPK tidak memberikan tugas, hanya saja GPK melakukan tanya jawab dengan siswa menggunakan voice note diaplikasi watshap grub. Evaluasi yang digunakan guru bidang studi Bahasa Indonesia di kelas reguler menggunakan rubrik penilaian yang sama dengan rubrik pada umumnya, namun berbeda dalam penilaian siswa ABK dengan memberikan keterangan kegiatan dan kendala yang dialami siswa selama pembelajaran berlangsung, sama halnya dengan GPK dalam memberikan penilaian terhadap siswa ABK dengan mendeskripsikan kegiatan, kesulitan, dan hasil yang didapat siswa dalam menerima materi.            Kesimpulan dari penelitian tersebut dalam implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia progam inklusi di sekolah tersebut, menggunakan kurikulum modifikasi untuk program inklusi, dan kurikulum umum untuk kelas reguler. Pelaksanaan pembelaaran daring yang dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 tersebut menggunakan aplikasi watshap grub dalam memberikan materi dan tugas-tugas untuk siswa di kelas reguler maupun siswa ABK di kelas khusus. Evaluasi yang digunakan dalam menilai hasil proses pembelajaran siswa dilakukan dengan menilai tugas-tugas yang diberikan guru dan hasil tanya jawab dengan siswa ABK yang dilakukan GPK. Guru bidang studi Bahasa Indonesia dan GPK menggunakan rubrik penilaian pada umumnya, namun dalam penilaian siswa ABK guru memberikan keterangan secara naratif untuk mendeskripsikan kegiatan dan kesuliatan yang dialami siswa dalam melakukan pembelajaran berlangsung.Kata Kunci: Implementasi, Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia, Program Inklusi
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-07-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7051
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7051/5775
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran