KORELASI PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AFEKTIF DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MALANG
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KORELASI PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AFEKTIF DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MALANG
|
|
Creator |
Rizkiya, Nurul
|
|
Description |
Abstrak: penerapan strategi belajar afektif dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi dari segi proses maupun produk pada siswa Kelas X-MIPA SMA Negeri Malang. Korelasi kualitas proses dapat dilihat dari peran serta aktivitas guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respons positif melalui sikap kerjasama dan antusias yang ditunjukkan siswa serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Hubungan proses tersebut pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Hubungan secara produk dapat dilihat dari peningkatan nilai akhir tulisan paragraf eksposisi siswa. Perolehan rata-rata nilai akhir paragraf eksposisi siswa, yaitu 63,77. Pada rata-rata nilai akhir paragraf eksposisi siswa tersebut, mengalami peningkatan menjadi 73,10. Kemudian, pada rata-rata nilai akhir paragraf eksposisi siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 81,99. Kata Kunci: hubungan, strategi belajar afektif, menulis eksposisi, pemahaman
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-06-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2947
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2947/2687
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2947/2688 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|