Record Details

SIMBOL NARASI MERDEKA BELAJAR TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SIMBOL NARASI MERDEKA BELAJAR TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA
 
Creator Maulida, Iffatul
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan simbol-simbol merdeka belajar yang memiliki pengaruh dalam pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik tokoh utama pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan konsep kategori pengodean (coding categories). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran Bu Mus dan Guru Harfan relevan dengan konsep Merdeka Belajar dan memiliki pengaruh terhadap pengembangan aspek kognitif tokoh utama, seperti: (1) tokoh utama dapat memiliki skemata yang baik, (2) dapat mencari cara tersendiri dalam menyelesaikan sioal, dan (3) dapat menciptakan suatu karya. Terdapat juga pengaruhnya dalam aspek afektif tokoh utama yang dapat dilihat pada upaya Guru Harfan dan Bu Mus dalam memberikan keteladanan dan motivasi sehingga siswanya tumbuh sebagai sosok yang berkarakter disiplin, religius, demokratis, jujur, dan peduli terhadap lingkungan. Selain itu juga terdapat pengaruhnya dalam pengembangan aspek psikomotorik siswa seperti: (1) memiliki keberanian dalam menunjukkan performansi dirinya, (2) mampu berdiskusi dengan baik, (3) mampu memberikan tanggapan atau saran, (4) mampu menghasilkan suatu inovasi, (5) memiliki keterampilan vokasional, dan (6) mengembangkan kreativitasnya dalam bidang non akademik. Kata Kunci: simbol narasi, merdeka belajar, novel
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12129
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12129/9568
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran