RELIGIUSITAS KUMPULAN CERNAK AKU ANAK INDONESIA DARI INDONESIA DAN DIARI ANIS DARI MALAYSIA (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)
NOSI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
RELIGIUSITAS KUMPULAN CERNAK AKU ANAK INDONESIA DARI INDONESIA DAN DIARI ANIS DARI MALAYSIA (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)
|
|
Creator |
Agus Purwanti, Khusnia
|
|
Description |
AAbstrak: Di Indonesia, akses sastraayang dikonsumsi anak selama masa pandemi ini didominasi oleh cerita cerita dari anak negeri dan negeri jiran Malaysia. Hal ini dikarenakan tata bahasa antara Indonesia dan Malaysia terdapat kemiripan yakni bahasa Melayu dan bahasa Indonesia. Budaya dan karakteristik kedua negara tersebut juga banyak kesamaan seperti keragaman agama dan tradisi yang tidak jauh bebeda. Sehingga anak-anak mudah memahami maksud dari cerita yang ditonton ataupun yang dibaca. Tak dapat dipungkiri bahwa terbentuknya karakter anak juga dipengaruhi oleh nilai religiusitas yang disajikan dalam cerita-cerita anak dari negeri jiran Malaysia ini. Penelitian yang mengusung sastra bandingan antara cerita anak Indonesia dan Malaysia belum banyak dilakukan. Dalam hal ini penelitian ini berjudul Religiusitas Kumpulan Cernak Aku Anak Indonesia dari Indonesia dan Diari Anis dari Malaysia (Kajian Sastra Bandingan) bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Persamaan nilai religiusitas dalam kumpulan cernak AkuuAnak IndonesiaaKumpulan Cerita tentang Keberagaman dan Nilai Pluralisme dari Indonesia dan Diari Anis dari Malaysia, dan (2) Perbedaan nilai religiusitas dalam kumpulan cernak AkuuAnak IndonesiaaKumpulan Ceritaatentang Keberagaman dan Nilai Pluralisme dari Indonesia dan Diari Anis dari Malaysia.Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian kualitatiffyang bersumberrpada teks karya sastra itu sendiri secaraaotonom. Tujuan penelitiimenggunakan pendekatan kualitatif iniiadalah untuk memudahkan penelitiannyang dilakukan, karena data yang diperoleh dalam bentukktulisan. Penelitianndeskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh persamaan dan perbedaan nilai religiusitas dalam kumpulan cernak Aku AnakuIndonesia Kumpulan Cerita tentanggKeberagaman dan Nilai Pluralisme dari Indonesia dan Diari Anis dari Malaysia. Dalam prosesnya peneliti melakukan beberapa langkah krusial dalam proses pengambilan data hingga pengolahan yaitu (1) Studi kepustakaan, (2) Membaca kumpulan cerita anak, (3) Menandai kalimat di dalam kumpulan cerita anak, (4) Mencatat data yang di peroleh dalam kumpulan cerita anak, (5) Memasukkan data yang diperoleh ke dalamipenelitian, (6) Mengelompokkan data, (7) Kodifikasi data penelitian.Persamaan nilai religiusitas dalam kumpulan cernak AkuiAnak IndonesiaiKumpulan Cerita tentang Keberagaman dan NilaiiPluralisme dari Indonesia dan Diari Anis dari Malaysia di temukan bahwa dari aspek nilai keagamaan sesuai yang di sampaikan oleh Fitriani (2016:12) menyatakan bahwaireligiusitasiadalah satu sistem yang kompleks dari kepercayaan keyakinan dan sikap-sikap dan upacara-upacaraiyang menghubungkan individu dengan satu keberadaan atau kepada sesuatu yang bersifatiketuhanan. Dari ketujuh sampel yang peneliti ambil dari masing-masing kumpulan cerita anak dan sudah peneliti berdasarkan klasifikasinya peneliti simpulkan bahwa persamaan yang muncul memang sangat identik baik dari sisi keagamaan dan sosial. Karena masing-masing kumpulan cerita muncul dari negara yang secara rumpun ras sama yaitu antara Indonesia dan Malaysia. Yang mana jika nilai religiusitas yang positif bisa menjadi hal positif bagi pembaca umumnya dan siswa sekolah dasar khususnya untuk bahan bacaan dan bahan ajar bagi guru di sekolah.Perbedaan nilai religiusitas dalam kumpulan cernak Aku AnakiIndonesia Kumpulan Cerita tentangiKeberagaman dan Nilai Pluralisme dari Indonesia dan Diari Anis dari Malaysia. Dalam hal ini peneliti mengutip ucapan Endraswara (2011: 174-175) bahwa sastraibandingan tidak hanyaibesifat membandingkanikarya-karya sastra saja, sehingga diperlukan perspektif yang jelas agar hasilnyaiberkualitas. Dari ketujuh sampel yang peneliti ambil dari masing-masing kumpulan cerita anak dan sudah peneliti berdasarkan klasifikasinya peneliti simpulkan bahwa perbedaan nilai religiusitas yang muncul adalah adanya perbedaan jenis agama yang di munculkan dari masing-masing kumpulan cerita anak cernak Aku AnakiIndonesia KumpulaniCerita tentang Keberagaman daniNilai Pluralisme dari Indonesia dan Diari Anisidari Malaysia bahwa jika di dalam kumpulan cerita anak Aku Anak Indonesia KumpulaniCerita tentang Keberagaman dan NilaiiPluralisme dari Indonesia terasa lebih beragam dalam jenis agama yang muncul, sehingga ini bagus untuk mengajarkan nilai toleransi antar umat beragama kepada pembaca umumnya dan kepada siswa sekolah dasar khususnya. Kata kunci: Religiusitas, Cerita anak, Sastra bandingan
|
|
Publisher |
NOSI
|
|
Contributor |
Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UNISMA
|
|
Date |
2021-07-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12465
|
|
Source |
NOSI; Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425 2337-8425 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12465/9653
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|