PENGARUH TEKNIK CATATAN TERSTRUKTUR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT TAHUN AJARAN 2019/2020
NOSI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH TEKNIK CATATAN TERSTRUKTUR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT TAHUN AJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Jamsari, Didin Milam
|
|
Description |
Abstrak: Catatan terstruktur adalah suatu teknik yang digunakan dalam pembelajaran yakni memandu siswa membuat catatan atau bagan yang lebih efektif. Teknik ini menggunakan penyusunan bagan, alat untuk menyampaikan ide dan informasi. Penyusunan bagan memberikan siswa landasan visual untuk mencatat mengenai hal apa saja yang penting menurut mereka dan memberi struktur pada catatan siswa. Hal tersebut menjadi manfaat untuk acuan mengembangkan suatu paragraf. Catatan terstruktur merupakan teknik yang bagus digunakan dalam pembelajaran terutama pada keterampilan menulis. Penggunaan teknik atau strategi sangatlah penting dalam pembelajaran termasuk efektifnya menggunakan teknik catatan terstruktur atau pun teknik yang lain. Dengan banyaknya inovasi guru pada saat pembelajaran perlu adanya praktik dalam menyelenggarakan teknik maupun strategi belajar dalam pembelajaran di kelas.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design karena populasi yang diteliti memiliki kemampuan yang berbeda, tetapi rentangnya masih sama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat.Hasil analisis data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol menggunakan SPSS 16.0 dapat dilihat hasil perhitungan thitung (th) sebesar –4,058 dengan df 54. Berdasarkan taraf signifikasi 5% dan df 54 diperoleh ttabel (ttb) sebesar 2,000. Berdasarkan perhitungan tersebut thitung (th) < ttabel (ttb) atau -4,058 < 2,000. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis nihil (H0) yang menyatakan teknik catatan terstruktur tidak berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat ditolak. Sementara itu, hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan teknik catatan terstruktur berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat diterima.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020. Jumlah siswa kelas VIII 227 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Probability Sampling menggunakan Random Sampling. Pada penelitian ini kelas VIII E digunakan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B digunakan sebagai kelas kontrol. Adapun kelas uji coba adalah kelas VIII A.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan mean dari kedua kelompok. Sebelum melakukan uji-t, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kata kunci: Pengaruh, Teknik catatan terstruktur, Keterampilan menulis, Teks berita
|
|
Publisher |
NOSI
|
|
Contributor |
Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
|
|
Date |
2020-01-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/5770
|
|
Source |
NOSI; Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425 2337-8425 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/5770/5406
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|