Record Details

EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMADUAN STRATEGI AFEKSI DAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI

NOSI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMADUAN STRATEGI AFEKSI DAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI
 
Creator Mulyaningsih, Retno
 
Description Abstrak: bertujuan untuk membuktikan: (1) Mendeskripsikan pengaruh strategi  afeksi pada pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan., (2) Mendiskripsikan pengaruh penerapan model experiential learning pada kegiatan pembelajaran ketrampilan menulis teks narasi   pada siswa kelas V SDN 1 Pagentan., (3) Untuk menguji efektivitas penerapan pemaduan strategi afeksi dengan model experiential learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain  Contol Group Pretest-Posttest. Siswa Kelas V SDN 1 Pagentan  digunakan sebagai populasi. Teknik  pengambilan sampel melalui   Sampling Purposive. Sampel penelitian adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan  teknik kusioner   dan metode tes selanjutnya hasilnya dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) Strategi afeksi dalam pembelajaran menulis teks narasi membantu siswa dalam mengontrol emosi dan sikap terhadap kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh rata-rata  83,5, (2) Pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan  model pembelajaran experiential learning  di kelas ekspriment pada hasil uji t pretest dan posttes terdapat kenaikan  rata-rata 13.8 poin, (3) ) penerapan pemaduan strategi afeksi dan model experiential learning  efisien untuk digunakan dalam pembelajaran teks narasi  dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel. Kata Kunci: Strategi Afeksi, Model Experiential Learning, Menulis teks Narasi,
 
Publisher NOSI
 
Contributor Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
 
Date 2020-08-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/7598
 
Source NOSI; Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425
2337-8425
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/7598/6107
 
Rights ##submission.copyrightStatement##