PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, METAKOGNITIF, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK
NOSI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, METAKOGNITIF, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK
|
|
Creator |
Nur Ramadhan, Nanda Febri
|
|
Description |
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh (1) kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa; (2) kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa; (3) kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa; dan (4) kemampuan berpikir kritis, metakognitif, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis ex post facto. Penelitian ini menggunakan siswa kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek sebagai populasi. Pengambilan dilakukan dengan cluster random sampling. Data variabel bebas dikumpulkan melalui penyebaran angket atau kuisioner, sedangkan data variabel terikat didapatkan melalui studi dokumentasi guru. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis two way anova pada SPSS 22.0. Hasil penelitian ini diperoleh (1) adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dengan n sig = 0,097 > 0,05 dan fhasil = 5,556 > f tabel = 0,12; (2) adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa dengan n sig = 0,233 > 0,05 dan fhasil = 1,543 > ftabel = 0,12; (3) adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa dengan n sig = 0,145 > 0,05 dan fhasil = 0,604 > ftabel = 0,12; dan (4) adanya pengaruh signifikan bersama-sama antara kemampuan berpikir kritis, metakognitif, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dengan n sig = 0,482 > 0,05 dan fhasil = 0,503 > ftabel = 0,1. Setelah itu, pengujian pengujian dilanjutkan menggunakan Tes Post Hoc Tukey HSD dan Bonferroni yang bertujuan untuk menentukan variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis lebih dominan dengan n Sig 0,00 < 0,05 sedangkan kemampuan metakognitif dan kecerdasan emosional menunjukan n Sig > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Metakognitif, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa
|
|
Publisher |
NOSI
|
|
Contributor |
Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UNISMA
|
|
Date |
2021-07-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12458
|
|
Source |
NOSI; Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425 2337-8425 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12458/9632
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|