Record Details

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PENGALAMAN BERBAHASA TERKONSENTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS CERITA PENDEK KELAS XI MAN 2 JEMBER

NOSI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PENGALAMAN BERBAHASA TERKONSENTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS CERITA PENDEK KELAS XI MAN 2 JEMBER
 
Creator hidayat, nur
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan membaca identifikasi teks cerita pendek peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca teks cerpen menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi pada kelas XI MAN 2 Jember; menguji keefektifan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi dalam pembelajaran membaca teks cerpen peserta didik kelas XI MAN 2 Jember.            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian eksperimen semu dan desain penelitian pretest posttest  control group design. Populasi penelitian adalah perserta didik kelas XI MAN 2 Jember. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, masing-masing satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes. Validitas instrument berupa validitas isi dan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan taraf kesalahan 0,05. Hasil pengujian prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest terdistribusi normal dan homogen.            Berdasarkan analisis Uji-t data posttest kemampuan identifikasi teks cerpen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen,  diperoleh nilai thitung sebesar -4,274, p sebesar 0,000054 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca teks cerpen menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi  dan peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca teks cerpen tanpa menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi pada kelas XI MAN 2 Jember. Berdasarkan hasil Uji-t dan kenaikan skor rata-rata kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung 2,818, p sebesar 0,0006 (p < 0,05) yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sedangkan kenaikan rata-rata skor kelompok kontrol sebesar 0,38  dan kenaikan rata-rata skor kelompok eksperimen sebesar 2,05, menunjukkan bahwa pembelajaran membaca cerpen menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi terbukti efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pengalaman Berbahasa TerkonsentrasiTerkonsentrasi, Cerpen.
 
Publisher NOSI
 
Contributor magister pendidikan bahasa indonesia
 
Date 2019-02-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/2250
 
Source NOSI; Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425
2337-8425
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/2250/2134
 
Rights ##submission.copyrightStatement##