EFEKTIVITAS MODEL KEGIATAN BELAJAR SNOWBALL THROWING DAN TEAM GAMES TURNAMEN PADA MEMBACA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP BINTANG RAUDLOH WAJAK
NOSI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EFEKTIVITAS MODEL KEGIATAN BELAJAR SNOWBALL THROWING DAN TEAM GAMES TURNAMEN PADA MEMBACA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP BINTANG RAUDLOH WAJAK
|
|
Creator |
Fatul Anisa, Luluk Ika
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri unsur teks fabel siswa kelas VII SMP Bintang Raudloh Wajak sebelum dilakukan dengan model kegiatan belajar Snowball Throwing dan Team Games Turnamen pada kelas eksperimen, (2) mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri unsur teks fabel siswa kelas VII SMP Bintang Raudloh Wajak setelah dilakukan dengan model kegiatan belajar Snowball Throwing dan Team Games Turnamen pada kelas eksperimen, (3) mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Snowball Throwing dan Team Games Turnamen dalam pembelajaran mengidentifikasi ciri-ciri unsur teks fabel siswa kelas VII SMP Bintang Raudloh Wajak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Bintang Raudloh Wajak yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan yaitu, kelas VII A1 dengan jumlah 30 responden menjadi kelas eksperimen dan kelas VII A2 dengan jumlah 30 responden menjadi kelas kontrol (tanpa ada variasi pembelajaran). Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga langkah yaitu, (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap evaluasi, teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian, saat prates mendapatkan nilai rata-rata kelas 54,83, sedangkan saat postes mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 75,33. Berdasarkan hasil uji t yaitu pada uji independent t tes pada kelas eksperimen diperoleh (sig. 2-talied) 0,000 ≤ 0,05. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Team Game Turnamen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tersebut memiliki efektivitas yang tinggi dalam kemampuan membaca siswa pada materi mengidentifikasi ciri-ciri unsur teks fabel siswa kelas VII SMP Bintang Raudloh Wajak. Dengan demikian, disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk lebih meningkatkan pembelajaran siswa pada kemampuan membaca dengan model pembelajaran yang menarik.Kata Kunci: pembelajaran membaca, model pembelajaran, snowball throwing, team game turnamen
|
|
Publisher |
NOSI
|
|
Contributor |
Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UNISMA
|
|
Date |
2021-07-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12406
|
|
Source |
NOSI; Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425 2337-8425 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12406/9591
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|