Record Details

PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (PEMBENTUKAN KATA) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 KOTA BIMA

NOSI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (PEMBENTUKAN KATA) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 KOTA BIMA
 
Creator Saputra, Adi
 
Description Abstrak: Di tengah perkembangan teknologi dan dunia pendidikan hari dapat mempengaruhi perkembangan anak khususnya perkembangan dalam berbahasa, semua orang dapat belajar bahasa di manapun yang dikehendaki namun di satu sisi ada beberapa anak yang tidak dapat mengagunkan perkembangan itu semua disebabkan oleh kelainan yang dimiliki, anak seperti ini biasa disebut anak berkebutuhan khusus maka dari itu perlu kemudian perhatian khusus terhadap mereka melalui pendidikan maupun terapi yang dilakukan.Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan pemerolehan kata dasar anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita, (2) Mendeskripsikan pemerolehan pengimbuhan kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita, (3) Mendeskripsikan pemerolehan pengulangan kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita, (4) Mendeskripsikan pemerolehan pemajemukan kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita.Berdasarkan tujuan di atas maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis studi kasus yang bermaksud mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita di SLB Negeri 1 Kota Bima. Penelitian ini difokuskan pada pemerolehan bahasa kedua (Pembentukan kata) anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpul dengan mengamati pemerolehan bahasa anak melalui lisan dan tulisan. Data yang diperoleh dari hasil tuturan lisan dan tulisan siswa akan di analisis menggunakan tiga hal yang pertama reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan tiga hal ini saling berkaitan dalam melakukan analisis.Berdasarkan hasil analisis dalam pemerolehan bahasa kedua siswa anak berkebutuhan khusus tunagrahita mulai dari pemerolehan kata dasar minum, bantu, belajar, pengimbuhan kata di-jemput, ke-rumah, se-hari, pengulangan kata bantu-bantu, teman-teman, dan pemajemukan kata kantor camat, jualan nasi dalam berkomunikasi dapat dikatakan cukup baik dalam merealisasikan namun ketika mengucapkan kata lebih dari satu terkadang lamban di karana siswa berfikir sesuatu yang akan diucapkan.Kata Kunci: Pemerolehan bahasa, pembentukan kata, anak berkebutuhan khusus, tunagrahita
 
Publisher NOSI
 
Contributor Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UNISMA
 
Date 2021-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12404
 
Source NOSI; Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah NOSI
2337-8425
2337-8425
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12404/9648
 
Rights ##submission.copyrightStatement##