Record Details

PENGUATAN PENDIDIKAN ETIKA ISLAM UNTUK PEREMPUAN SEBAGAI PREVENSI MASIFIKASI KORUPSI

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGUATAN PENDIDIKAN ETIKA ISLAM UNTUK PEREMPUAN SEBAGAI PREVENSI MASIFIKASI KORUPSI
 
Creator Primudyastutie, Mirin
Marwiyah, Siti
Ari Kurniawati, Dwi
 
Description  Korupsi merupakan salah satu ”penyakit” serius yang menimpa atau menguji ketahanan bangsa Indonesia. Di wilayah manapun dan di unit-unit kelembagaan yang berhubungan dengan tata kelola keuangan negara, baik dari pusat maupun daerah, korupsi nyaris selalu mengikutinya. Seolah dimana ada uang negara, disitulah korupsi muncul. Akibat kondisi ini, semua subyek bangsa, khususnya yang merasa punya kewajiban moral untuk berupaya melakukan penanggulangan atau pencegahan. Perempuan merupakan subyek bangsa terdidik yang ikut punya kewajiban demikian, sehingga logis jika ada penguatan pendidikan etik Islam tentang anti korupsi.Kata Kunci: korupsi, perempuan, penguatan, pendidikan, etikaCorruption is one of the serious "diseases" that befall or test the resilience of the Indonesian nation. In any area and in institutional units related to state financial management, both from the central and regional levels, corruption almost always follows. As if where there is state money, that's where corruption appears. As a result of this condition, all subjects of the nation, especially those who feel they have a moral obligation to try to take action or prevent it. Women are the subject of an educated nation who also have such obligations, so it is logical if there is a strengthening of Islamic ethical education on anti-corruption.Keywords: corruption, women, strengthening, education, ethics
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2022-02-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/15380
 
Source PENDIDIKAN MULTIKULTURAL; Vol 6, No 1 (2022): FEBRUARI; 71-83
Jurnal Ijtihad; Vol 6, No 1 (2022): FEBRUARI; 71-83
2686083X
25494317
10.33474/multikultural.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/15380/11572
 
Rights Copyright (c) 2022 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL