Record Details

KONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTI AGAMA

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTI AGAMA
 
Creator Suharnianto, Suharnianto
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis; eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multiagama di SMKN 3 Kabupaten Pamekasan. Metode penelitiannya menggunakan  pendekatan kualitatif berjenis fenomenologi. Hasil  penelitian menunjukkan: pertama eksternalisasi, yaitu  penyesuaian  diri dengan budaya dan pendidikan yang ada di lembaga. Kedua objektivasi, yaitu  sebuah interaksi antara guru  dan  murid saat menjalankan proses pendidikan, dan guru memberikan contoh hal yang baik kepada peserta didik dengan berperilaku sopan santun dan saling menghormati. Ketiga internalisasi, yaitu individu mengidentifikasikan diri dengan lembaga, peserta didik merasa pendidikan sekolah multikultural menjadi bagian  dari  dirinya sehingga  menjalankan tanpa  ada paksaan dengan peserta  didik menirukan hal yang diberikan guru pada peserta didik.Kata kunci: konstruksi, nilai multikulturalisme, agama, peserta didik This study aims to describe and analyze; externalization, objectivity, and internalization of multicultural education values in the multi-religious based Islamic education learning at SMKN 3 Pamekasan. The research method uses a qualitative approach of phenomenological type. The results showed: first, externalization, namely self-adjustment to the culture and education in the institution. The second objectivity, which is an interaction between teacher and student during the education process, and the teacher provides examples of good things to students by behaving courtesy and mutual respect. The third is internalization, namely individuals identifying themselves with institutions, students feel multicultural school education becomes a part of themselves so that running without any compulsion with students imitate what teacher is given to students.Keywords: construction, multiculturalism values, religion, students
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-08-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/7412
10.33474/multikultural.v4i2.7412
 
Source PENDIDIKAN MULTIKULTURAL; Vol 4, No 2 (2020): AGUSTUS; 189-209
Jurnal Ijtihad; Vol 4, No 2 (2020): AGUSTUS; 189-209
2686083X
25494317
10.33474/multikultural.v4i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/7412/6778
 
Rights Copyright (c) 2020 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL