Pengaruh Proses Pembelajaran Mandiri dan Kolaboratif dalam Problem Based Learning (PBL) Terhadap Performa Akademik Berbentuk Indeks Prestasi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Jurnal Kedokteran Komunitas
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Proses Pembelajaran Mandiri dan Kolaboratif dalam Problem Based Learning (PBL) Terhadap Performa Akademik Berbentuk Indeks Prestasi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran
|
|
Creator |
Habib, Aurizan Naufal
Indria, Dewi Martha Firmansyah, Marindra |
|
Description |
ABSTRAK Pendahuluan: Metode Problem Basic Learning (PBL) merupakan salah satu hasil inovasi sistem pembelajaran yang di dalamnya mencakup metode pembelajaran mandiri dan metode pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan metode pembelajaran mandiri dan metode pembelajaran kolaboratif berbasis PBL dengan performa akademik mahasiswa yang dilihat dari Indeks Prestasi (IP).Metode: Desain enelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan metode consecutive sampling dan jumlah responden yang memenuhi kriteria sebanyak 176 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 angkatan A, B dan C. Instrument pengumpulan data menggunakan kuisisoner melalui tautan google form, setelah itu hasil diolah menjadi skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.Hasil: Hasil menunjukan secara simultan metode pembelajaran mandiri dan kolaboratif berpengaruh secara signifikan terhadap performa akademik dengan pvalue sebesar 0,000<0.05. Selanjutnya secara parsial metode pembelajaran mandiri mempunyai hubungan negatif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap performa akademik dengan pvalue sebesar 0,144>0.05. Sedangkan secara parsial metode pembelajaran kolaboratif mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap performa akademik dengan p value sebesar 0,000< 0.05Kesimpulan: Didapatkan bahwa pembelajaran mandiri dan kolaboratif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap performa akademik. Metode pembelajaran kolaboratif mempunyai hubungan positif sedangkan pembelajaran mandiri mempunyai hubungan negative.Kata kunci: Problem-based learning (PBL), pembelajaran kolaboratif, pembelajaran mandiri, pendidikan kedokteran.
|
|
Publisher |
Jurnal Kedokteran Komunitas
Jurnal Kedokteran Komunitas |
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-02-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jkkfk/article/view/15448
|
|
Source |
Jurnal Kedokteran Komunitas; Vol 10, No 1 (2022)
Jurnal Kedokteran Komunitas; Vol 10, No 1 (2022) |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jkkfk/article/view/15448/11636
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Kedokteran Komunitas
|
|