Record Details

ANALISIS FAKTOR PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERKAIT MOTIVASI AKADEMIK DAN KECEMASAN SEBELUM UJIAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Jurnal Bio Komplementer Medicine

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS FAKTOR PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERKAIT MOTIVASI AKADEMIK DAN KECEMASAN SEBELUM UJIAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
 
Creator Hunta, Widyawati
Herlina, Sri
Firmansyah, Marindra
 
Description Pendahuluan: Mahasiswa dengan Indeks prestasi rendah mengindikasikan mahasiswa belum menerapkan Self-Regulated Learning (SRL) dalam proses pembelajarannya. Terdapat banyak dimensi yang membentuk Self-Regulated Learning diantaranya adalah motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor SRL yang terkait dengan motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang.Metode: Menggunakan desain observasi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden sebanyak 175 mahasiswa dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 termasuk kriteria inklusi. Kriteria eksklusinya adalah mahasiswa Pendidikan Dokter yang cuti akademik dan tidak naik kelas. Analisa data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan regresi Partial Least Squares (PLS).Hasil: Motivasi akademik (Tstatistik=7.931) dan kecemasan sebelum ujian (Tstatistik=10.873) dalam membentuk Self-Regulated Learning memiliki Pvalue 0,000 yang menunjukkan hasil signifikan. SRL signifikan terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan Tstatistik 6.733 dan Pvalue 0.000. Selain itu, Motivasi akademik (Tstatistik=16.417) dan kecemasan sebelum ujian (Tstatistik=11.152) berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik dengan Pvalue 0.000.Kesimpulan: Motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian merupakan faktor pembentuk SRL, dan SRL berpengaruh positif terhadap prestasi akademik. Motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik mahasiswa dan menunjukkan hasil yang bermakna.Kata Kunci: Self Regulated Learning, Motivasi Akademik, Kecemasan Sebelum Ujian, Prestasi Akademik
 
Publisher Jurnal Bio Komplementer Medicine
 
Contributor
 
Date 2020-09-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8962
 
Source Jurnal Bio Komplementer Medicine; Vol 7, No 2 (2020)
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8962/7323
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Bio Komplementer Medicine