Record Details

ANALISIS FAKTOR REGULASI BELAJAR MANDIRI TERKAIT MASTERY ORIENTED GOALS DAN TASK VALUE PERCEPTION TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Jurnal Bio Komplementer Medicine

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS FAKTOR REGULASI BELAJAR MANDIRI TERKAIT MASTERY ORIENTED GOALS DAN TASK VALUE PERCEPTION TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
 
Creator Fitri W, Rahma
Zakiyah, Rima
Firmansyah, Marindra
 
Description Pendahuluan: Prestasi akademik mahasiswa memiliki hasil yang kurang optimal dibuktikan dengan Indeks Prestasi yang cenderung rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diataranya adalah regulasi belajar mandiri. Regulasi belajar mandiri dibentuk oleh beberapa faktor, yakni kesadaran pengetahuan metakognisi, pengalaman belajar sebelumnya, efikasi diri, performance goals, dukungan eksternal, serta Mastery Oriented Goals dan Task Value Perception. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor regulasi belajar mandiri terkait Mastery Oriented Goals dan Task Value Perception terhadap prestasi akademik mahasiswa.Metode: Desain penelitian adalah observasi deskriptif analitik. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner yang telah tervalidasi oleh Balapumi kepada 175 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sedangkan data prestasi akademik diperoleh dari Program Studi Kedokteran. Analisa data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SMART Partial Least Square (PLS) 3.0.Hasil: Mastery Oriented Goals (Tstatistik 5.267 Pvalue 0.000) dan Task Value Perception (Tstatistik 2531 Pvalue 0.000) menjelaskan 63,4% dari regulasi belajar mandiri (R2 0.634) dan memiliki hubungan yang signifikan. Regulasi belajar mandiri menjelaskan 3,8% dari prestasi akademik (R2 0.038) dan memiliki hubungan yang signifikan (Tstatistik 2.531 Pvalue 0.006). Uji Goodness of Fit didapatkan hasil 0.415 yang mengindikasikan bahwa model memiliki kesesuaian yang kuat.Kesimpulan: Mastery Oriented Goals dan Task Value Perception positif signifikan membentuk regulasi belajar mandiri, dan regulasi belajar mandiri tidak berpengaruh positif terhadap prestasi akademik.Kata Kunci: Regulasi Belajar Mandiri, Mastery Oriented Goals, Task Value Perception, Prestasi Akademik
 
Publisher Jurnal Bio Komplementer Medicine
 
Contributor
 
Date 2020-09-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8944
 
Source Jurnal Bio Komplementer Medicine; Vol 7, No 2 (2020)
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8944/7305
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Bio Komplementer Medicine